Senin, 25 Februari 2013

our 1st bazaar :)

Dari jaman baheula nih yaaa...saya kepengeeen banget bisa ikutan bazaar. Tapi ngga pernah tau juga cari info dimana. Tau-tau ada aja bazaar di suatu tempat dan saya datang sebagai pengunjung. Padahal kalo liat peserta bazaarnya rasanya saya juga kepengen ikutan.


Setelah sekian lama cuma jd pengamat *hallah* akhirnya saya niatin deh cari2 info tentang bazaar2 murmer yang sering diadain di Jakarta. Dapatlah info dari teman suami, kalo tanggal 16-17 Februari akan ada bazaar #WEEKENDMARKET di lapangan basket Blok S, Kebayoran. Untuk 2 hari peserta harus membayar sebesar 550rb. Yowislah saya putuskan untuk ikut. Udah disiapin nih mau jual dagangannya kodomotachi dan keelyshoes. Since saya ga nyetok sepatu banyak, maka saya cuma display sepatu aja untuk Keelyshoes. Sementara stok baju Kodomotachi lumayaan banyak lah. Suami pun mengusulkan untuk ajak temen sharing ikutan bazaar ini. Selain agar biaya ngga terlalu berat, jaga standnya juga bisa gantian. Setelah info ke beberapa teman, akhirnya sharing sama temen kantor yang jualan pasmina + jilbab.

Saya nyadar banget kalo bazaar kali ini bener2 kurang persiapan. Padahal di otak udah banyak rencana, tapi tetep aja persiapannya ga semulus rencana. Saya banyak banget melupakan hal2 penting karna ngga saya siapkan dari jauh2 hari. Bukan karna kelupaan, tapi saya memang kurang memperhitungkan waktu. Waktu itu saya cuma siapin contoh sepatu, baju2 anak, hand gel untuk dagangannya. Untuk display baju saya minjem gawang gantungan ke temen dan beli hanger baju untuk anak. Saya juga beli label kecil2 untuk tempel harga. That's it!

Sampailah pada hari sabtu nan cerah. brangkat deh ke Blok S. Sampai sana excited banget liat peserta bazaar yang lain prepare untuk buka stand mereka (kok malah ngeliatin orang yaa? hihihihi) Wah...saya kagum banget liat mereka semua bener2 niat mempersiapkan segalanya. Agak jiper juga, tapi suami menenangkan hati. Katanya "mereka kan bawa mobil jadi bisa bawa macem2. kita kan naik motor. udah PD aja" Yowis lah PD aja. Saya bersyukur banget karna stand kita deket dengan pintu masuk. Padahal waktu liat di layout kok kayanya jauh banget ya? Tapi syukurlah kami dapat posisi yang menguntungkan. Deket stand makanan juga jadi kalo laper tinggal pesen. Nyiahahahaha begitu sampai di meja, jreng...jreng! mejanya jelek banget *tepokjidat* Saya ga kepikir untuk bawa taplak meja. Bingung juga nutupinnya pake apa. Untunglah temen bawa spanduk digital printing (tadinya buat nutupin barang kalo kita tutupan). Jadilah alas meja sementara. Mulai deh display2. Sempet kagok waktu masang gawang gantungan baju hahahaha ketauan banget deh amatir dan minjemnya *tutupmuka*

2 hari bazaar Alhamdulillah nombok. wkwkwkwk yah...namanya juga belajar yah.. apalagi saya liat persiapan saya kurang matang. Pelajaran yang saya dapet dari bazaar kemarin:
  1. Siapin peralatan perang selengkap mungkin. Bukan hanya barang yang dijual tapi siapin juga katalog, kartu nama, brosur kalo perlu buku tamu untuk punya database
  2. Jualan baju second itu laris banget ternyata. hehehe jadi supaya bazaarnya lumayan sukses kayanya perlu juga skalian jual second hand product
  3. Buat display semenarik mungkin biar pengunjung tertarik mampir ke booth kita
  4. Kalo ikutan bazaar lebih dari sehari, jangan lupa juga bawa pengaman untuk barang2 kita. Misalnya bawa terpal / kain besar untuk nutupin dagangan kita. Kan ga mungkin pas tutupan smua barang kita bawa balik lagi. Nah...kemaren ini saya asli ga bawa apa2. Tas yang saya pake pun ga saya siapin gembok. Walhasil pasrah aja deh barang ditinggal begitu aja, meski saya tetep lapor sama panitia. Alhamdulillah...keesokan harinya barang masih aman spt sediakala :D
  5. Yang paling penting, bawa bekal makanan. Hahahaha kemaren itu saya kegoda banget sama stand makanan. Beli ini itu segala macem, banyakan jajannya daripada dagangan yang laku :D
  6. Pikir-pikir lagi, kayanya enak juga jd EO bazaarnya :D Kepikir juga untuk bikin bazaar kecil-kecilan as a start. we'll see lah yaa
Tapi memang aktif ikutan bazaar itu ngga cuma semata-mata biar dagangan laku ko. Lebih ke promosi aja yaa biar kita lebih dikenal orang. Networkingnya juga dapet Alhamdulillah. So...ga bisa plek-plekan itung2an untuk ruginya. Scara matematika mungkin merugi, tapi nambah koneksi dan lebih dikenal orang juga nilai yang harus diperhitungkan. Jadi kalo nanti saya adain bazaar jangan lupa ikutan yaaa hehehehe

1 komentar:

  1. Makasih sharingnya Mba.
    Wah, dari kemarin mau bikin kartu nama gak jadi-jadi. Ternyata penting juga ya kalau mau bazaar gini.
    Besok mau ikutan bazaar di sekolah dan persiapanku seadanya banget. baru tahu hari ini.
    Yo wes lah buat pengalaman pertama.

    BalasHapus