Sabtu, 23 Februari 2013

One Ok Rock

Iyes! ini adalah band jepang favorit saya baru-baru ini. Lagu pertama One Ok Rock (OOR) yang saya dengar adalah The Beginning yang jadi soundtracknya Rurouni Kenshin the Movie. Karena langsung jatuh cinta sama lagu ini maka saya langsung browsing cari2 tau lagu2 OOR lainnya. Dan ternyata jugaaa lagu2nya sangat keren sodara2 hehehe 

Selama ini saya pikir band-band jepang itu alirannya ngga jauh2 dari J-rock model Laruku atau Luna Sea. Atau kalo ngga begitu ya beraliran pop. Nah...begitu dengerin OOR ternyata beda bangeet! OOR mengusung jenis aliran musik mulai dari alternative rock, sedikit Emo dan Rock and Heavy Metal hingga mereka menciptakan aliran musiknya sendiri. Dibentuk di tahun 2005, OOR semula beranggotakan 5 orang, Taka (Vocal), Toru (Guitar), Ryota (Bass), Tomoya (Drums) dan Alex (Guitar). Namun di tahun 2009 Alex mengundurkan diri karena terlibat kasus pelecehan seksual.

Nama One Ok Rock berasal dari bahasa inggris 1 o'clock, yaitu waktu mereka jammin' saat weekend. Tapiiiii karena orang Jepang agak susah yaa nyebut o'clock, akhirnya disesuaikanlah dengan lidah orang Jepang jadi o'crock yang kemudian diperhalus lagi jadi ok rock. Hahaha secara mereka orang Jepang jadi tetap mempertimbangkan kebutuhan orang sana yaaa :D

 Kelebihan lain dari band ini adalah sebagian besar liriknya menggunakan bahasa inggris (ada juga sih yang dicampur bahasa jepang). Taka sang vocalist juga fasih banget bahasa inggrisnya. Bahkan waktu pertama kali saya denger The Beginning, saya pikir ini yang nyanyi band asal amrik. Out of the box! itu penilaian saya buat mereka. Well, meskipun saya ngga tau2 amat perkembangan musik di Jepang, tapi rasa saya J-rock dan J-pop masih mendominasi. Jadi kemunculan OOR merupakan angin segar buat pencinta musik di Jepang. 

Sampai saat ini, OOR sudah mengeluarkan 6 album, Zeitakubyō yang dirilis di tahun 2007, Beam of Light dan Kanjō Effect di tahun 2008, Niche Syndrome di 2010, Zankyo Reference di 2011 dan album terbaru mereka Jinsei Kakete Boku Wa yang rilis di bulan Maret 2013. Hampir sebagian besar lagu OOR saya suka, tapi beberapa lagu OOR favorit saya antara lain:

The Beginning

Re;Make

No Scared

Be the Light

Deeper Deeper


 Oia OOR juga bikin cover Smell like Teen Spirit tribute to Kurt Cobain looh. 

Well, intinya sih saat ini saya lagi sering banget dengerin lagu2nya OOR. Kalo lagi ada deadline kerjaan, saya pasti bertapa sambil dengerin lagu2nya OOR. Bikin semangat dan akhirnya ga berasa deh kerjaan udah kelar. Lagi mumet macet dijalan pun saya seneng dengerin lagu2nya OOR. Saking ngefansnya saya sampek bikin kaos OOR hahahaha Pokoknya One Ok Rock Kereeennn! ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar